Mengenal Roh Kudus ( Pelajaran Hayat 1 part 10 )

dipenuhi dan diluapi mengenal roh kudus

Roh Kudus membuat Allah Tritunggal dapat kita alami dan nikmati. Karena itu kita harus mengenal Roh Kudus supaya kita dapat menikmatinya dengan kaya limpah.

Mengenal Roh Kudus yang Adalah Ekspresi Terakhir dari Allah Tritunggal

“ Baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus “ ( Matius 28:19 )

Dalama Trinitas ilahi, roh Kudus yang adalah Roh Allah ditaruh pada urutan terakhir, menandakan bahwa Dia adalah ekspresi paling akhir Allah Tritunggal.

Adalah Allah Tritunggal mendatangi Serta memasuki Kaum Imani

“ Dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran “ ( Yohanes 14:16-17 )

Di sini Roh Kudus adalah Allah Tritunggal yang mendatangi manusia. Allah Tritunggal menjadi Roh mendatangi manusia dan menyertai mereka selama-lamanya.

“ Roh Kebenaran . . . akan diam di dalam kamu . . .  dan Aku [Putra] di dalam kamu “ ( Yohanes 14:17,20 )

Lebih jauh dijelaskan bahwa Roh Kudus yang mendatangi kita bersama dengan Bapa dan Putra, akan masuk ke dalam kita. Ini menyatakan bahwa Dia adalah Allah Tritunggal yang masuk ke dalam kaum beriman. Saat Dia masuk ke dalam kita, Bapa dan Putra juga masuk serempak  ( Yoh. 14:23 ).

Mengenal Roh Kudus : Hakiki Roh Kudus

yoh 14 17

  • “ Roh Allah “ ( Kej. 1:2 ), berbagian dalam pekerjaan penciptaan Allah.
  • “ Roh Tuhan [YEHOVA] “ ( 1 Taw. 20:14 ), berbagian dalam hubungan allah dengan manusia ( Kej. 2:7 ).
  • “ Roh Kudus “ ( Luk. 1:35 ), beragian dalam inkarnasi Kristus, menguduskan manusia bagi Allah.
  • “ Roh Yesus “ ( Kis. 16:7 ), berbagian dalam kelahiran, kehidupan, dan penderitaan Yesus.
  • “ Roh Kristus “ ( Roma 8:9 ), berbagian dalam kebangkitan Kristus dan menyalurkan hayat.
  • “ Roh Yesus Kristus “ ( Filipi 1:19 ), berbagian dalam kelahiran, kehidupan, dan kematian Yesus, juga kebangkitan Kristus dan menyalurkan hayat, dengan suplai yang serba lengkap agar kaum beriman diselamatkan atas segala hal.
  • “ Roh Hayat “ ( Roma 8:2 Tl. ), “ Roh Pemberi-Hayat “ ( 1 Kor 15:45 Tl. ), berbagian dalam Kristus menjadi hayat manusia, dan memberi hayat kepada manusia.
  • “ Roh itu . . . sebab Roh itu belum ada [sebelum kebangkitan Yesus], karena Yesus belum dimuliakan “ ( Yoh. 7:39 Tl. ). Roh di sini merupakan Roh yang telah mengalami semua butir yang tercantum di atas mengenai hakiki Dia. Dia itu Roh almuhit, Roh paling akhir, yang sempurna, pernyataan akhir Allah Tritunggal, mendatangi dan memasuki mereka yang percaya kepada Kristus.
  • “ Tujuh Roh “ ( Why 1:4 ), mengacu kepada Roh yang diperkuat tujuh kali lipat, supaya gereja yang gersang boleh menerima kelimpahan karunia dan kuasa yang tujuh kali lipat.

Mengenal Roh Kudus : Dua Aspek Roh Kudus

Dalam Perjanjian Baru, Roh Kudus yang adalah Roh Allah memiliki dua aspek yang berhubungan dengan kaum beriman. Di satu pihak, Dia itu Roh Hayat di batin kita, yakni Roh esensial Allah yang membuat kita mendapatkan hayat ilahi, yang olehnya kita hidup dan bereksistensi; di pihak lain, Dia pun Roh kuasa di atas kita, yakni Roh ekonomikal Allah, yang membuat kita mendapatkan kuat kuasa dan karunia ilahi dei bekerja untuk Allah.

“ Roh Kebenaran . . . akan diam di dalam kamu “ ( Yoh. 14:17 )

Roh Kudus bertindak selaku Roh esensial Allah di batin kaum beriman, agar mereka memiliki hayat Allah, hidup bagi Allah.

“ Tetapi kamu akan menerima kuasa bilamana Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi “ ( Kis. 1:8 )

Roh Kudus bertindak selaku Roh ekonomikal Allah atas kaum beriman, supaya mereka menerima kuat kuasa Allah demi bekerja untuk Tuhan.

Mengenal Roh Kudus : Karya Roh Kudus

“ Roh Kebenaran [realitas] yang keluardari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku [Putra] “ ( Yoh. 15:26 )

Roh Kudus menjadi perwujudan dan realitas Kristus di dalam kebangkitan-Nya, bersaksi mengenai realitas Kristus dalam kebangkitan.

“ Ia [Roh Kudus] datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman “ ( Yoh. 16:8 )

Roh Kudus datang demi menginsafkan orang dosa atas dosa-dosanya, agar mereka bertobat dan percaya kepada Kristus sehingga beroleh hidup yang kekal.

“ Yang dilahirkan dari Roh adalah roh “ ( Yoh. 3:6 )

Roh Kudus di sini selaku Roh hayat esensial Allah melahirkan kembali orang dosa yang bertobat di dalam roh mereka, supaya mereka mendapatkan hayat Allah dan menjadi anak Allah.

“ Dia telah menyelamatkan kita . . . melalui permandian kelahiran kembali dan oleh pembaruan yang dikerjakan Roh Kudus “ ( Titus 3:5 )

Roh Kudus sebagai Roh hayat esensial Allah memperbarui manusia melalui kelahiran kembali, sehingga manusia menerima penyelamatan hayat dari Allah.

“ Roh Kudus yang diam di dalam kita “ ( 2 Tim 1:14 )

Roh Kudus sebagai Roh hayat esensial Allah berhuni di batin kita, menyuplai kita dengan hayat dan kekayaan allah secara berkesinambungan.

“ Sebab di dalam diri kamu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari Dia [ Putra dengan Bapa]. Karena itu, kamu tidak perlu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan-Nya mengajar kamu tentang segala sesuatu – dan pengajarannya itu benar, tidak dusta, – dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia “ ( 1 Yoh. 2:27 )

Roh Kudus sebagai Roh esensial Allah mengurapkan esens Allah ke dalam kaum beriman, sehingga mengajar mereka untuk tinggal di dalam Tuhan, sesuai yang diajarkan esens Allah.

“ Disucikan oleh Roh Kudus “ ( Roma 15:16 )

Ini pun Roh Kudus sebagai Roh esensial hayat allah di dalam kaum beriman, menyuplai mereka dengan sifat kudus Allah dan esens ilahi.

“ Kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita sedang diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya dari kemuliaan ke kemuliaan “ ( 2 Kor. 3:18 Tl )

Roh Kudus sebagai Roh esensial Allah di dalamkaum beriman, mengubah mereka secara metabolis oleh esens ilahi Allah ke dalam gambar Tuhan, dari tingkat kemuliaan yang satu ke tingkat kemuliaan yang lebih tinggi.

“ Aku akan mengirim kepadamua apa yang dijanjikan Bapa-Ku . . . sampai kamu diperlengkapi dengan kekuasaan dari tempat tinggi “ ( Luk. 24:49 )

Roh Kudus sebagai Roh ekonomikal Allah menjadi kuat kuasa atas kaum beriman agar mereka bekerja bagi Allah.

“ Kepada tiap-tiap orang dikaruniakan pernyataan Roh untuk kepentingan bersama . . . “ ( 1 Kor. 12:7-11 )

Roh Kudus di atas kaum beriman sebagai Roh ekonomikal Allah, memberi mereka berbagai karunia untuk bekerja bagi Allah.

Yerimia

Seorang muda yang mengasihi Tuhan Yesus.
Dia berharap semoga tulisannya bisa membantu saudara/saudari akan pengenalan dan pengalaman yang lebih maju dalam Kristus.